Home

Website apa sih ini? Website kok PakGiman.com. Apa gak ada nama lain? Kenapa gak MasGiman.com biar kesannya lebih muda? Atau PakAndi.com, jadi yang terbayang adminnya adalah seorang pria Indonesia pada umumnya. Nama Giman itu kesannya tua, udik, medok, jawa dan … gitu deh.



PakGiman.com adalah situs tentang kepabeanan, cukai, perpajakan dan perdagangan internasional. Saya memposting tulisan saya terkait dengan materi itu di situs ini. Jika Anda ingin belajar tentang kepabeanan, cukai, perpajakan dan perdagangan internasional, silakan baca posting saya. Anda bisa mengaksesnya dengan meng-klik tautan di atas atau melalui menu: Posting. Di situs ini saya juga mengupload koleksi peraturan yang saya punya. Saya mengkoleksi Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri Keuangan dan banyak lagi lainnya. Jika ada senang berdiskusi, saya juga mengelola grup whatsapp PakGiman.com yang invitation-nya juga saya share di situs ini. Semoga bermanfaat.

Awal Mula

Sebenarnya, ide pembuatan website ini terlontar spontanitas. Lebih bersifat iseng. Tidak melalui perencanaan dan pemikiran yang mendalam. Saya memiliki seorang temen yang mengerti cara membuat website. Beberapa kali dia menunjukkan hasil karya saat dia diminta untuk membuat website bagi orang lain. Ketika kami bertemu lagi dan dia menunjukkan karyanya yang lain, saya spontanitas menyampaikan jika saya juga ingin dibuatkan sebuah website.

Dia lalu bertanya. Domain-nya apa? Hosting-nya mau pake apa? Seketika saya bingung karena sebelumnya saya tidak pernah memiliki ketertarikan di bidang komputer, internet maupun website. Saya tidak tahu apa itu yang dinamakan domain dan hosting. Dia mencoba menjelaskan banyak hal, tapi karena itu sesuatu yang benar-benar baru bagi saya, tidak banyak yang saya pahami. Satu yang saya ingat adalah domain itu artinya nama yang akan digunakan untuk website-nya. Domain juga berlaku sebagai alamat dan identitas website.

Karena spontanitas, waktu itu saya menjawab PakGiman.com aja. Simple. Dia sempat menyarankan nama lain. Mengganti penyebutan “Pak” menjadi “Mas” biar kesannya lebih muda. Itu fakta sejarah. Kemungkinan mengganti sebutan “Pak” dengan sebutan “Mas” pernah terlontar di awal website ini dibuat. Saya lebih suka dengan pilihan saya yang pertama.

Latar Belakang

Saya seorang auditor pada institusi pemerintah. Setiap hari saya berkutat dengan peraturan. Audit yang saya lakukan adalah audit kepatuhan. Saya banyak membaca peraturan untuk mencari tahu hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh auditee dan apa sanksinya jika hal itu tidak dilakukan. Setiap auditee biasanya memiliki proses bisnis yang berbeda. Beda auditee dan beda proses bisnis yang dijalaninya menyebabkan saya harus membaca peraturan yang berbeda. Peraturan yang saya baca juga semakin banyak.

Jika saya mempelajari peraturan begitu detail, menguras energi, dan hanya digunakan untuk satu pekerjaan saya merasa itu sangat disayangkan. Saya ingin apa yang saya pelajari tidak hanya berguna untuk satu pekerjaan itu saja. Saya ingin membaginya.

Selain latar belakang terkait dengan pekerjaan sebagai auditor, sebelumnya saya juga pernah ditugaskan di banyak tempat. Saya pernah bertugas di bidang pengawasan. Saya juga pernah menjadi petugas pemeriksa barang impor, pemeriksa barang ekspor, dan pemeriksa barang pada kawasan berikat. Banyak pengalaman dan pengetahuan yang saya dapatkan. Teramat sayang jika tidak digunakan untuk memberi manfaat pada orang lain.

Posting

Secara umum posting di website ini adalah bentuk prosa dari peraturan. Jika ada peraturan baru yang ramai menjadi pembicaran orang, kemungkinan besar saya akan memprosakannya dan menjadikannya posting di website ini. Proses membuat peraturan menjadi prosa memaksa saya membaca peraturan tersebut berulang dan mendetail. Ini membantu saya belajar. Inilah cara saya belajar.

Tidak semua orang terbiasa dengan bahasa hukum yang baku. Saya memprosakan peraturan dan menjadikannya tulisan dengan bahasa yang lebih sederhana agar lebih mudah dipahami. Tidak jarang saya hanya mengambil poin-poin penting dari peraturan tersebut sehingga posting yang saya hasilkan tidak terlalu panjang.

Banyak yang menyampaikan apresiasi atas apa yang saya lakukan ini. Apresiasi ini kemudian juga menjadi kayu bakar untuk karya saya berikutnya. Terbentuklah suatu lingkaran aksi-reaksi yang positif. Semakin hari kemampuan saya juga semakin terasah.

Selain memprosakan peraturan agar lebih mudah dibaca, di sela waktu yang lain saya juga suka menulis materi yang lain. Biasanya adalah terkait dengan pemikiran saya pada hal-hal yang menarik untuk saya kupas. Tidak ada tema atau pedoman khusus. Saya menulis apa yang ingin saya tuliskan. Jika berkenan membaca tulisan saya yang tidak terkait dengan pekerjaan, silakan klik tautan berikut: Menulis.


PakGiman.com membuat saya lebih produktif, lebih komunikatif dan lebih kreatif. Di sela waktu yang ada, yang dulu kadang saya sering bingung mau ngapain, sekarang selalu dapat saya manfaatkan untuk hal yang positif: membuat posting, update peraturan atau chating dengan orang yang sedang mencari jawaban atas suatu pertanyaan.


Garis Finis

Bertahun berlalu. Situs ini saya rasa sudah memberikan apa yang saya inginkan. Apa yang saya citakan juga sudah tercapai. Daily viewer sudah stabil di angka yang saya harapkan. Traffic chat juga sudah cukup padat. Bisa saja saya tingkatkan lagi. Tapi saya takut nantinya malah akan kontra produktif. Bagaimanapun saya masih bekerja sebagai seorang pegawai instansi pemerintah. Saya harus mencurahkan waktu, tenaga dan pikiran untuk pekerjaan utama. Saya harus menunaikan tanggung jawab agar penghasilan yang saya terima menjadi berkah.

Sekarang kondisi pekerjaan yang saya alami juga sudah berubah. PakGiman.com saya buat ketika saya masih berdinas di Kota Jakarta. Kota yang membuat saya malas keluar kantor karena macet dan mahalnya biaya. Sekarang saya berdinas di Kota Semarang. Kota yang masih nyaman untuk berkegiatan di luar kantor. Bertemu dengan orang lain di luar jam kerja masih memungkinkan. Lalu lintas tidak begitu padat dan kotanya tidak terlalu besar sehingga jarak tidak terlalu jauh. Harga makanan di kota ini juga masih terjangkau.

Meskipun saya suka berbincang via komunikasi teks maupun lisan menggunakan telepon, tapi ketika ada kesempatan untuk berbicara face-to-face, saya lebih memilih untuk kita bertemu dan bertatap muka. Ada romantisme dan keintiman yang berbeda dibanding komunikasi menggunakan alat bantu. Tatapan mata dan intonasi suara memberikan suasana dan nuansa yang berbeda.

Komunitas dan Grup

Pada akhirnya seiring waktu saya memiliki banyak teman. Saya memiliki 3 (tiga) grup whatsapp PakGiman.com yang link invitation-nya saya sematkan pada halaman website. Dua dari tiga grup itu anggotanya sudah berjumlah maksimal 256 orang. Pada saat saya menulis ini, total anggota dari ketiga grup itu berjumlah lebih dari 750 orang. Orang-orang yang berada di grup ini memiliki ketertarikan yang sama, yaitu kepabeanan, perpajakan dan perdagangan internasional. Diskusi kami setiap hari semakin ramai dan bermanfaat.

Selain grup sendiri, saya juga diminta untuk bergabung dan menjadi admin beberapa grup lain. Grup chat dengan bahasan yang masih seputar kepabeanan, perpajakan dan perdagangan internasional. Semakin saya mendekati komunitas ini, serasa mereka balik menarik saya ke dalamnya. Silakan jika kalian juga ingin bergabung.

PakGiman.com


Itulah sekelumit cerita terkait situs ini. Sekilas pandang tentang apa dan bagaimana PakGiman.com. Situs ini telah dan terus memberi manfaat buat saya. Semoga situs ini juga mampu memberi manfaat kepada kalian. Saya berdoa semoga setiap tulisan yang saya posting, pengetahuan yang saya bagikan, dan jawaban yang saya berikan dicatat Allah SWT sebagai amal ibadah. Perlahan mengukir tangga saya menuju surga. Amin..

Salam,

Giman Teguh Suwito

Pak Giman
admin PakGiman.com
Phone085695791321
Whatsapp085695791321
Email
admin@pakgiman.com
Twitter@pakgiman
Instagram@instagiman