Menulis

Menulis

Saya suka menulis. Menulis membantu saya untuk belajar, juga sangat efektif untuk membunuh waktu yang kadang membosankan. Saya suka menulis tentang apa saja, menulis bebas. Jika sesuatu terlintas dan saya sedang memegang smarphone, maka saya akan mencatatnya. Mungkin awalnya hanya mencatat poin-poin pentingnya saja. Lalu ketika ada kesempatan lebih, saya akan melihat kembali catatan itu dan mencoba mengelaborasikannya.

Saya tidak ada waktu khusus untuk menulis, tapi keseringannya saya menulis di pagi hari. Dan keseringannya pula itu adalah elaborasi dari catatan yang saya buat sebelumnya. Pernah saya hanya mencatat dua kalimat, lalu dipagi hari dua kalimat itu terurai menjadi beberapa paragraph.

Saya mempunyai flasdish yang didalamnya saya simpan folder tulisan-tulisan saya yang belum jadi. Baru berupa ide dan draft kasar. Jika ada waktu luang saya akan membukanya dan mencoba mengingat kembali ide dari tulisan itu dan mencoba untuk menguraikannya. Tidak mudah untuk menuangkan pikiran dalam tulisan yang mampu dipahami orang lain. Komunikasi berupa tulisan membutuhkan kehati-hatian lebih. Kita tidak bisa mengerti siapa yang akan membaca tulisan kita, apa background mereka dan bagaimana kemampuan dia dalam memahami kata dan kalimat. Saya harus berhati-hati dalam menulis agar apa yang saya pikirkan dapat tersampai dengan baik dan bermanfaat.

Ngopi Cantik

Sebenarnya selain menulis, saya juga senang berbincang. Berbincang itu mengobrol, bukan berbicara atau menjadi pembicara, dan bukan pula diskusi atau berdebat. Saya bisa begitu menikmati obrolan di malam hari ditemani kopi dan es teh manis. Iya, kopi dan es teh manis, atau lemon tea adalah minuman favorit saya ketika nongkrong sama teman.

Saya suka ngobrol satu meja dengan orang tidak lebih dari 4 atau 5 orang. Kalo terlalu banyak orang saya takut tidak dapat memberikan perhatian yang cukup. Ngobrol juga saya gunakan untuk lebih mengenal orang. Jadi tidak melulu tentang saya.

Pemikiran dan Sudut Pandang

Balik lagi ke tulisan. Tulisan yang cukup bagus dan saya rasa mampu menguraikan pemikiran saya dengan baik saya sajikan dalam bentuk PDF yang bisa di download. Saya sengaja tidak menjadikannya posting di PakGiman.com agar isi atau content dari website ini terjaga dan memiliki fokus yang jelas. Berikut adalah daftar tulisan yang berhasil saya selesaikan:

  1. Perbaikilah caramu belajar
  2. Konversi
  3. Keseimbangan
  4. Sebanding
  5. Pohon Kecil Berbuah Besar
  6. Materialitas

Tulisan-tulisan ini adalah pemikiran saya, membacanya akan membuat kalian mengetahui sudut pandang saya. Saya merasa perlu menyebarkannya karena saya ingin membagi sudut pandang dan pemikiran saya. Saya sangat yakin ada banyak orang yang setuju dengan apa yang saya pikirkan. Tanpa membaca tulisan ku pun mungkin kalian akan mengerti dengan sendirinya jika kalian mau berpikir dan membuka wawasan. Saya hanya ingin mempercepat proses itu. Membantu kalian untuk lebih dewasa dan memahami kehidupan dengan lebih baik dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

***