Skip to main content

Penelitian Ulang Tarif dan Nilai Pabean Bea dan Cukai

Teman berkeluh kesah: “Pak, perusahaan saya kena penul. Saya itu kerja jadi eksim sudah lama tapi kok baru kali ini saya denger istilah Penul. Saya yang kurang belajar, kurang gaul atau gimana? Kalo notul saya tahu, tapi Penul? Blas, saya gak mudeng apa itu Penul. Tahu-tahu saya disuruh bayar aja.”

“Mas..mas.., Penul atau penelitian ulang itu peraturannya sudah ada sejak tahun 2011. Kalo baru kali ini sampeyan kena Penul, bersyukurlah. Karena itu artinya sampeyan kerjanya bener atau bekerja ditempat yang bener. Kalo enggak, ya pasti sudah dari tahun-tahun kemarin sampeyan kenalan sama yang namanya Penul ini. Percaya aja sama bea cukai. Gak mungkin-lah bea cukai nyuruh-nyuruh bayar kalo gak ada dasarnya. Emangnya sekarang jaman kompeni bawa bedil. Udah sana bersyukur, jangan protes terus. Alhamdu….lillah… Nah gitu, kan adem!”


Penelitian Ulang, atau biasa diakronimkan dengan sebutan Penul, adalah penelitian kembali atas Tarif dan/atau Nilai Pabean. Tarif yang dimaksud disini adalah penetapan klasifikasi barang dan pembebanan Bea Masuk, sedangkan nilai pabean adalah pemberitahuan atas nilai transaksi dari barang impor yang bersangkutan. Jadi, yang dimaksud dengan Penelitian Ulang adalah penelitian kembali yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terhadap pemberitahuan klasifikasi barang, pengenaan tarif bea masuk dan nilai transaksi atas barang impor yang diberitahukan oleh importir dalam Pemberitahuan Impor Barang (BC2.0).

Baca Selengkapnya

%d blogger menyukai ini: