Hobi Musiman

Dewasa ini banyak hobi musiman. Ternyata bukan hanya buah yang musiman, hobi atau kegemaran orang kadang juga musiman. Mereka melakukan hobi karena memiliki waktu, biaya dan butuh kesenangan.

Saya bekerja di kantor yang bisa dibilang gajinya cukup. Pekerjaan kantor hanya itu-itu saja dan wajar jika ada yang merasa bosan.

Hobi adalah kebutuhan tersier. Mereka yang sempat memikirkan kebutuhan tersier pastilah sudah terpenuhi kebutuhan primer dan sekundernya. Kalaupun mereka berusaha berbisnis atau melakukan hal bermanfaat lainnya, kemungkinan besar hanya sebatas keinginan, bukan kebutuhan.

Saya telah cukup lama bekerja di kantor ini sampai bisa mengamati tren ini dalam periode waktu yang panjang. Dulu pernah ramai hobi fotografi, lalu beralih ke sepeda, dan kemudian berganti ke lari maraton. Sekarang seiring adanya wabah covid dan pelaksanaan work from home, hobi sepeda kembali menjadi trend.


Terus, Kenapa?

Hobi adalah sesuatu yang baik. Motivasi dari hobi tentunya kesenangan. Orang menyenangi sesuatu biasanya karena hal tersebut positif. Apalagi bila hobi tersebut adalah hobi musiman. Musiman artinya dia dilakukan oleh banyak orang pada suatu waktu. Akan sulit bagi hobi yang tidak memiliki kesenangan dan positif untuk bisa dilakukan oleh banyak orang dan menjadi suatu musim.

Bersepeda sangat menyehatkan. Bersepeda yang dilakukan beramai-ramai dapat menjalin ukhuwah atau silaturahim. Akan sangat baik jika hobi bersepeda ini dapat menggantikan transportasi berangkat dan pulang bekerja. Tentunya akan mengurangi polusi udara.

Lari maraton juga sangat menyehatkan. Mereka yang gemar mengikuti lari maraton harus selalu menjaga fisik dan meningkatkan kemampuannya. Mereka akan menghindari makanan dan pola hidup yang tidak sehat. Medali yang didapat tiap kali menyelesaikan lari maraton ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri.

Fotografi juga baik. Meski tidak serupa bersepeda dan maraton yang menyehatkan secara fisik,  fotografi diyakini mampu menyehatkan jiwa. Melihat foto yang indah dapat meningkatkan imunitas. Foto-foto juga dapat mengabadikan moment untuk dikenang dimasa depan. Foto yang terkait dengan pekerjaan, sangat mungkin membantu publikasi dari kantor.

Admin

Saya berasal dari Weleri dan sekarang tinggal di Semarang. Saya pernah bersekolah di STAN dan sekarang bekerja sebagai Auditor. | Phone: 0856-9579-1321 | IG: @instagiman | Twitter: @pakgiman

Tinggalkan Balasan