Kompas Batin

Setiap orang pasti punya kompas batin yang mengarahkan bagaimana kecenderungan dia dalam menjalani hidup. Kalian pasti punya teman yang religius meskipun bukan ustadz. Kalian juga pasti pernah melihat orang yang gila militer padahal pekerjaannya gak ada hubungan dengan keamanan. Pasti juga akan ada orang yang otaknya selalu duit dan duit mulu. Maunya semuanya didagangin.

Saya melihat ini begitu jamak. Seolah ada pola yang bisa dibaca. Ada 3 yang menurut saya paling dominan:

  1. Religius
  2. Birokrat
  3. Pedagang


Kenali Kompasnya

Pengenalan ini penting untuk lebih mengenal karakter orang-orang di sekitar kita. Bos yang religius, jangan diajak ngobrol masalah politik. Teman yang humoris, jangan dibawa serius.

Jika kita sudah mengetahui kompas batin dari orang-orang disekitar kita akan mudah melihat kecenderungan dari orang itu.


Selaras

Ada pekerjaan-pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan kompas batin. Ustadz, pendeta dan pemuka agama lannya adalah pekerjaan yang paling selaras dengan religius.

Pegawai negeri, tentara dan kepolisian adalah pekerjaan yang cocok bagi orang-orang yang memiliki kompas batin sebagai seorang birokrat.

Pedagang tentunya cocok dengan pedagang. Pedagang pandai menghitung untung rugi. Dia bisa melihat apakah suatu produk bisa dijual. Dia seolah bisa melihat harga dari suatu barang.

Satu hal yang paling menyenangkan saya adalah ketika saya menemukan orang-orang yang pekerjaannya sehari-hari selaras dengan kompas yang mengendalikannya. Melihat ustadz yang religius adalah suatu kenikmatan. Menemukan tentara dan polisi yang seorang ksatria adalah keindahan. Sudah sepatutnya pedagang itu berdagang. Mampu melihat sesuatu dari sudut-pandang untung dan rugi. Tahu mana yang laku untuk dijual dan mana yang hanya akan menjadi stock menumpuk di gudang.


Ketika saya memikirkan hal ini, saya merasa ini hal ini hampir mirip dengan sistem kasta yang ada di agama Hindu. Saya tidak berani berbicara lebih jauh karena ketika menyangkut religi, saya tahu bahwa saya tidak seharusnya berbicara mengenai itu.

Kompas batin ini berbeda dengan motivasi yang saya bahas di tulisan lain. Meskipun disana saya menuliskan bahwa motivasi ada yang berasal dari dalam diri seseorang.


Admin

Saya berasal dari Weleri dan sekarang tinggal di Semarang. Saya pernah bersekolah di STAN dan sekarang bekerja sebagai Auditor. | Phone: 0856-9579-1321 | IG: @instagiman | Twitter: @pakgiman