Motivasi

Motivasi adalah penggerak orang dalam melakukan sesuatu. Penggerak ini bisa dari dalam diri namun bisa juga dari luar. Kemanfaatan bisa positif tapi juga negatif. Menurut saya penggerak manusia untuk melakukan sesuatu ini terdiri dari:

  1. Kesenangan
  2. Kemanfaatan
  3. Kebiasaan

KBBI online menuliskan arti kata motivasi sebagai: (1) dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu; (2) usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.

Ada orang yang sampai bisa disebut gila bola. Dia rela menonton tayangan jam 3 malam padahal besoknya harus bekerja. Saya tidak mungkin melakukan itu karena saya tidak menyukai menonton bola. Saya tidak termotivasi untuk melakukannya.


Kesenangan dan Kemanfaatan

Banyak motivasi orang dalam melakukan sesuatu. Motivasi ini begitu pentingnya. Bahkan tiap kejahatan yang terjadi juga pasti akan dicari apa motivasi orang melakukannya.

  1. kesenangan
  2. kemanfaatan
  3. Kebiasaan

Motivasi kesenangan paling mudah mencari contohnya. Orang bertamasya atau berekresasi alasan terbesarnya pastilah kesenangan. Orang pacaran motivasinya juga kesenangan. Apakah pacaran bermanfaat? menurut saya tidak. Apakah pacaran sebuah paksaan? sangat kecil kemungkinannya. Secara umum, pacaran motivasinya adalah kesenangan. Mengikuti kata hati dan hormon yang berkembang seiring usia.

Pahami motivasi orang dalam melakukan sesuatu, maka kita akan lebih mudah untuk mendukungnya atau bahkan menghancurkannya. Orang yang termotivasi karena kesenangan, tidak akan pernah mendengar bahwa hal itu tidak bermanfaat. Mereka tidak peduli dengan hal itu. Katakan padanya bahwa hal itu tidak menyenangkan. Itu akan lebih menyakitinya lebih dalam.


So What?

Saya merasa penting untuk menuliskan ini karena saya tidak ingin kita termotivasi ala kadarnya. Motivasi bisa dipengaruhi oleh banyak hal. Artinya motivasi diri bisa dibangun. Luaskan sudut pandang. Lihat dari berbagai sisi. Jangan terpaku pada satu alasan.

Sebelumnya saya pernah menulis mengenai keseimbangan. Semuanya berpasangan, baik dan buruk, hitam dan putih. Motivasi kesenangan mungkin menyenangkan, tapi bisa jadi juga tidak bermanfaat. Pekerjaan yang bermanfaat, bisa jadi tidak menyenangkan.

Dengan memahami konsep ini, saya berharap kita tidak hanya bisa memotivasi diri, tapi juga menemukan kedamaian dan kebahagiaan. Jika kita senang terhadap sesuatu, jangan lupa melihat kemanfaatanya. Jika kita terpaksa melakukan sesuatu karena kemanfaatannya, kita bisa mencari sudut pandang lain agar pekerjaan itu juga terasa menyenangkan.


Admin

Saya berasal dari Weleri dan sekarang tinggal di Semarang. Saya pernah bersekolah di STAN dan sekarang bekerja sebagai Auditor. | Phone: 0856-9579-1321 | IG: @instagiman | Twitter: @pakgiman

Tinggalkan Balasan