Peradaban

Saya mencatat ada beberapa bangsa yang memiliki peradaban tinggi di masa lalu. Indonesia salah satunya. Hanya saja pada waktu itu kita belum menjadi sebuah negara. Peradaban dengan pencapaian luar biasa yang dicatat di pulau Jawa terjadi pada masa kejayaan kerajaan Majapahit.

Peradaban berasal dari kata adab. Kata adab sendiri memiliki arti kehalusan dan kebaikan budi pekerti, kesopanan atau akhlak. Wikipedia menuliskan bahwa beradaban mempunyai berbagai arti dalam kaitannya dengan masyarakat manusia. Peradaban adalah tingkat kemajuan suatu masyarakat baik dalam hal fisik, bahasa, perilaku, kebudayaan, teknologi dan hal-hal kemasyarakatan lainnya.

Luas wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit bahkan sampai ke malaysia dan Philipina. Pada saat itu keris dan batik yang sekarang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia juga sudah begitu populer.

Meski capaian peradaban tertinggi terjadi dimasa lalu, saya merasa perlu menuliskannya. Ada pola yang menurut saya masih memiliki korelasi dengan kehidupan modern. Mari belajar dari sejarah bangsa Jepang. Ada hal yang begitu menginspirasi dari sejarah mereka.

Beberapa bangsa di muka bumi ini berhasil mencapai peradaban yang tinggi di masa lalu. Hal ini terlihat dari bahasa, pakaian, dan peninggalan sejarah lainnya. Saya punya sudut pandang tersendiri dalam membandingkan beberapa diantara bangsa-bangsa itu. Saya melihat dari senjata yang mereka ciptakan dan dan kegunaannya.

Coba sejenak kita berpikir tentang bangsa-bangsa di muka bumi ini. Lihatlah mesir, amerika, jepang. Lalu lihatlah bangsa sendiri.

Jepang dengan samurainya.

Mesir dengan ke khalifahannya.

Amerika dengan demokrasinya.

Indonesia, dengan raja-rajanya.

Bangsa-bangsa kuno di muka bumi ini memiliki perdapan yang unggul. Kadang aku suka iseng mikir yg gak jelas. Salah satu contohnya adalah aku suka memperbandingkan bangsa-bangsa di muka bumi ini. Misalkan saja aku memperbandingkan jepang, mesir, amerika.

Indonesia juga berhasil mencapai kejayaan di masa lalu pada masa kerajaan Majapahit. Keris dan batik adalah bukti peninggalan sejarah yang bahkan telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.


Demokrasi

Apakah demokrasi adalah pilihan terbaik bagi sistem pemerintahan kita saat ini? Iya. Siatem demokrasi adalah sistem paling adil yang paling sesuai dengan perkembangan jaman saat ini. Apakah masyarakat siap dengan sistem demokrasi ini? Melihat hasil beberapa kepala pemerintahan yang dipilih dengan sistem ini, saya merasa bahwa sebenanya kita belum siap.

Belum siap bukan berarti kita harus mencari pilihan lain.

Masyarakat harus cerdas dalam memilih. Jangan percaya

Admin

Saya berasal dari Weleri dan sekarang tinggal di Semarang. Saya pernah bersekolah di STAN dan sekarang bekerja sebagai Auditor. | Phone: 0856-9579-1321 | IG: @instagiman | Twitter: @pakgiman

Tinggalkan Balasan